Nasional, Jakarta - Pasca-penggerudukan di rumah mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Senin 6 Februari lalu, beredar foto mobil pengangkut logistik mahasiswa yang tertinggal tak jauh dari rumah tersebut. Mobil Nissan Terrano itu tampak dipenuhi makanan dan air mineral yang diduga untuk menyuplai konsumsi mahasiswa yang menggeruduk rumah SBY.

Mobil itu kemudian disebut-sebut milik anggota DPR dari PDI Perjuangan Adian Napitupulu. Namun, Adian membantah mobil itu miliknya."Mobil saya juga Terrano, tapi platnya berbeda dengan mobil yang ditemukan," kata Adian Napitupulu dalam keterangan tertulisnya yang diterima Tempo, Selasa 7 Februari 2017.

Adian menuturkan mobilnya berplat nomor AD 1 AN, sedangkan plat nomor mobil yang ditemukan dan berisikan nasi bungkus adalah B 2124 ZO. "Tak perlu buang waktu mencari siapa pemilik mobil, karena yang mengirimkan nasi untuk aksi yang tak bertujuan makar bukan kejahatan."

Rumah SBY didatangi massa mahasiswa yang sebelumnya mengikuti jambore di Cibubur. Adian mengatakan dirinya memang datang di acara Jambore dan Silaturahmi Mahasiswa Indonesia yang digelar akhir pekan lalu di Bumi Perkemahan Cibubur. Namu ia mengaku tak berbicara sepatah kata pun dalam forum tersebut."Saya hanya bertemu dengan mahasiswa."

Menurut Adian, bertemu dengan mahasiswa daerah itu adalah bagian dari tugasnya sebagai anggota DPR. Apalagi dia melihat mahasiswa dari berbagai daerah, ingin menyampaikan masalah di daerahnya masing-masing.

DIKO OKTARA